Posbindu Mencegah PTM

APAPUN penyakitnya, jangan mengganggap hal yang kecil atau tidak berbahaya. Terkadang masyarakat awam tidak menghiraukan keadaaan yang tidak terbiasa dengan kondisi fisiknya. Tidak segera berobat atau mencari tahu penyebab masalah yang ada dalam tubuhnya. Mereka akan menyadari hal yang kecil bisa berakibat fatal apabila sudah benar-benar merasakan akIbatnya yang akan mengganggu aktifitas seperti  tidak bisa bergerak, nyeri yang tak tertahankan atau kematian.
Saat ini diketahui, Penyakit Tidak Menular (PTM) merupakan salah satu penyebab kematian. Masyarakat tidak memperdulikan PTM dan tidak menjaga pola makan yang sehat dan baik. Penyakit yang masuk kriteria tidak menular namun berbahaya adalah seperti jantung, stroke, diabetes melitus, kanker dan masih banyak PTM lainnya.
Berbagai PTM tersebut biasanya disebebkan oleh  perilaku atau gaya hidup tak sehat seseorang, seperti kebiasaan merokok, mengkonsumsi gula berlebih, malas berolahraga dan mengonsumsi alkohol. Untuk itu,  warga masyarakat diharapkan tidak menganggap enteng  PTM tersebut.
Melalui Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) diharapkan warga masyarakat  dapat melakukan deteksi dini penyakit tidak menular tersebut.
Selain itu,  untuk mengurangi peningkatan jumlah penderita PTM edukasi mengani diet dan gizi seimbang penting dilakukan.
Menurut Kepala Puskesmas Bontang Selatan II Diana Arie Sushanty S KM, penyakit tidak menular biasanya lebih dikarenakan oleh faktor gaya hidup seseorang yang tidak sehat, sementara faktor keturunan lebih kecil. Oleh karenanya dalam mengatasi persoalan PTM ini sebaiknya lebih kepada upaya pencegahan sebelum mengobati setelah terjadi.
“Dalam hal ini mencegah lebih baik daripada sudah terjadi. Penyakit tidak menular tersebut seharusnya bisa tidak terjadi kalau kita bisa mencegahnya”ungkapnya.
Untuk itu, di Posbindu tersebut warga yang datang akan ditimbang berat tubuh dan diukur tinggi badannya. ”Dengan pengukuran ini akan diketahui indeks massa tubuh dari indeksi ini akan diketahui apakah dia masuk kategori kurus, gemuk atau  obesitas. Untuk diketahui mereka yang gemuk dan obesitas sangat rawan terkena penyakit tidak menular seperti tekanan darah tinggi, stroke, jantung dan diabetes,” jelasnya.
Lebih lanjut dikatakan Diana bahwa penyakit tidak menular saat ini masuk dalam daftar 10 besar kunjungan di Puskesmas, jumlahnya makin hari makin bertambah, umur penderita mulai bergeser pada kelompok usia produktif.  
“Bila penderita terkena PTM pengobatannya bisa seumur hidup dan hal ini dapat dicegah dan dideteksi lebih dini melalui Posbindu PTM. Oleh karenanya kami akan memberikan perhatian yang lebih serius terhadap PTM ini dan memberikan penyuluhan kepada warga yang rentan terkena PTM tersebut”ujarnya (hms4)