Pemkot Bontang Gandeng ITB

BONTANG- Tekad kuat untuk membangun Kota Taman yang Berbudi Luhur, Maju, Adil dan Sejahtera terus ditunjukan Pemkot Bontang dibawah kepemipinan Wali Kota Bontang Adi Darma dan Wakil Walikota Bontang Isro Umarghani.
Berbagai terobosan cerdas dimunculkan pasangana akrab di sapa Adi - Isro ini. PemkotBontang melalui Badan Lingkungan Hidup (BLH) Bontang menggandeng perguruan tinggi  ternama yakni Institut Tekologi Bandung (ITB) untuk ikut berpartisipasi dalam membangun Kota Bontang.
Pihak ITB nantinya akan ikut berperan dalam melakukan kajian atau penelitian tentang potensi air tanah di Bontang.
Sebagai tahap awal kerjasama, Selasa (16/4) kemarin telah dilaksanakan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) oleh Walikota Bontang Ir H Adi Darma M Si dengan Rektor ITB Prof Akhmaloka Ph D, di Gedung Rektorat ITB Bandung.
Acara ini dihadiri pula oleh Sekretaris BLH Bontang Yuli Hartati dan  Pujo Kuncoro sebagai Kasubid Konservasi Tata Lingkungan BLH Sedangkan dari pihak ITB hadir beberapa dekan dan guru besar ITB Bandung.
Dalam kesempatan tersebut selain mempresentasikan, visi, misi dan program prioritas Pemkot Bontang, walikota juga mempresentasikan  tentang pengembangan pembangunan infrastuktur utama di Kota Taman seperti pembangunan Jalan Lingkar Pesisir Kota Bontang, pembangunan bandara yang berlokasi di Bontang Lestari, pembanguanan Pasar Rawa Indah Bontang dalam rangka peremajaan dan menciptkan pasar sehat, pembangunan Bontang Technopark, pembangunan kawasan wisata mangrove serta pengembangan pembangunan lainnya di Kota Taman.
Walikota Adi Darma yang ditemui usai penandatanganan MoU mengungkapkan, kerjasama Pemkot dengan pihak ITB berkaitan dengan penelitian, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, pengembangan sumber daya manusia melalui penelitian serta pemberdayaan masyarakat.
“ITB nantinya akan membantu Pemerintah Kota Bontang dalam melakukan kajian atau penelitian tentang potensi sumber air tanah, sehingga air tanah tersebut tetap ada dan lestari dan dapat dimanfaatkan guna mendukung pemenuhan kebutuhan air bersih bagi masyarakat dan industri. Hal ini sejalan dengan salah satu dari misi pembanguanan daerah Bontang yakni ‘memperkuat struktur ekonomi Kota Bontang dengan cara mempercepat pemenuhan kebutuhan listrik, air bersih serta infrastuktur lainnya’”, ungkapnya.
Lebih lanjut walikota mengatakan jika pemakaian air tanah di Bontang setiap tahunnya terus mengalami peningkatan secara signifikan sejalan dengan bertambahnya jumlah penduduk dan berkembangnya industri di sektor migas dan kondensat yang berdampak pada peningkatan kebutuhan lahan/ruang terbangun untuk industri dan pemukiman masyarakat.” Untuk itu melalui kerjasama ini saya berharap pihak ITB dapat membantu Pemerintah Kota Bontang dalam melakukan kajian atau penelitian tentang potensi sumber air tanah, sehingga…..
Sementara itu, Rektor ITB Akhmaloka mengungkapkan hal yang sama. Menurut dia, kerjasama antara Pemkot Bontang dengan ITB akan mencakup dalam bidang teknologi dalam arti luas.”.Kita akan membantu dalam bidang penelitian, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, pengembangan sumber daya manusia melalui penelitian serta pemberdayaan masyarakat. Untuk itu saya ucapkan terima kasih kepad aPemkot Bontang semoga kerjasama ini bermnfaat tidak saja bagi masyarakat Bontang namun juga bagi ITb”ungkapnya. (hms4)