Bontang Segera Miliki Perguruan Tinggi Negeri

BONTANG - Memiliki sumber daya manusia (SDM) yang bisa diandalkan dan berkualitas tentunya menjadi aset yang sangat berharga bagi suatu daerah. Dengan adanya SDM yang berkualitas, maka akan sangat mempengaruhi kemajuan dan pembangunan di daerah tersebut. Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas SDM adalah dengan pendidikan.
Dengan pendidikan yang berkualitas, diharapkan kedepannya bisa menciptakan SDM yang handal dan berkualitas pula. Pemkot Bontang pun terus berupaya meningkatkan pelayanan dan kualitas pendidikan yang ada di Bontang. Bahkan masalah pendidikan ini menjadi salah satu dari 6 program prioritas pembangunan di Bontang di bawah kepemimpinan Wali Kota Bontang Ir H Adi Darma MSi dan Wakil Wali Kota Bontang H Isro Umarghani yang telah berjalan selama 2 tahun ini.
Di Bontang sendiri telah memiliki sarana dan prasarana pendidikan yang sangat baik. Selain sekolah dari jenjang PAUD sampai dengan jenjang pendidikan SMA/SMK, dalam waktu dekat Kota Bontang juga akan memiliki ABK Center yang diperuntukkan bagi anak - anak berkebutuhan khusus.
Pembangunan ABK Center sendiri berasal dari dana pemerintah pusat, karena Bontang telah ditetapkan sebagai kota pelopor pendidikan inklusif yang memiliki perhatian besar bagi pendidikan anak - anak berkebutuhan khusus. Hal ini diakukan Pemkot Bontang untuk mewujudkan pendidikan yang layak dan berkualitas bagi semua, termasuk bagi anak - anak berkebutuhan khusus.   
Selain itu, di Bontang juga akan dibangun Perguruan Tinggi Negeri (PTN), yaitu Politeknik atau Poltek. Seperti yang disampaikan wali kota saat menghadirk acara dialog wali kota bersama pelajar dan guru di Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi (KPADok) Kota Bontang beberapa waktu lalu. Menurut wali kota, rencana pembangunan Poltek di Bontang masih dalam tahap penjajakan dan akan ada presentasi dengan tim dari Kementerian Pendidikan.
"Dalam waktu dekat, di Bontang akan dibangun PTN, Poltek. Tetapi untuk pembangunannya sendiri, kita diminta menyiapkan lahan seluas 30 hektar agar perguruan tinggi ini bisa berada di Kota Bontang. Nantinya akan ada penjajakan dengan Dinas Pendidikan dengan tim dari kementerian dan akan ada presentasi di Jakarta. Pembiayaannya sendiri akan langsung dibiayai oleh pemerintah pusat. Mudah - mudahan pembangunan Poltek di Bontang ini bisa segera kita wujudkan," ungkap wali kota.
Jika pembangunan Poltek di Bontang tersebut bisa terwujud, tentunya bisa menjadi alternatif pilihan bagi para pelajar yang ada di Kota Bontang dan sekitar untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi. (hms6)